ASP: Analisis Investasi Sektor Publik

. INVESTASI DI KABUPATEN SRAGEN, JAWA TENGAH
Pembangunan Usaha Grosir di 20 Kecamatan
Pemerintah Daerah Kabupaten Sragen berencana membangun usaha grosir yang meliputi 20 kecamatan di seluruh wilayahnya. Investasi ini dilakukan dengan pola bagi hasil antara Pemda setempat dengan investor yang berminat. Pihak kecamatan akan menyiapkan lahan yang lokasinya sesuai dengan master plan Pemda, sedangkan pembangunan dan pengelolaannya diserahkan kepada investor.
Pemda telah menyiapkan lokasi yang strategis. Jumlah pelanggan prospektif dilihat dari populasi penduduk Kabupaten Sragen ± 900.000 jiwa dengan 682.367 jiwa merupakan usia produktif. Besarnya dana yang diperlukan untuk melakukan investasi tersebut:
1.    Tanah (ukuran 30mx40m2 x Rp 400.000) : Rp  480.000.000
2.    Bangunan (260 m2 x Rp 2.000.000) : Rp  520.000.000
3.    Modal Kerja : Rp. 500.000.000
4.    Peralatan komputer/mesin hitung : Rp    10.000.000
5.    Total : Rp  1.510.000.000
Berdasarkan  analisa investasi dapat disimpulkan, sebagai berikut:
1.    Pay Back Periode: 6,2 bulan
2.    NPV :  1.175.000.000,-
3.    IRR :  10,588  (baik)
4.    ARR :  22,185  (baik)
5.    PI :  1,778  (> 1 diterima)
Sumber: www.sragenkab.go.id diakses tanggal 17 Oktober 2010 pukul 14. 39 WIB

Analisis
Investasi di atas tergolong investasi baru dengan tujuan menyediakan tempat untuk usaha grosir bagi masyarakat di 20 kecamatan dalam wilayah Kabupaten Sragen. Dengan demikian, evaluasi investasi harus ditekankan pada keempat aspek berikut ini:
a.       Aspek Teknis
Investasi usaha grosir tersebut telah memenuhi aspek teknis.

b.      Aspek Sosial dan Budaya
Pembangunan usaha grosir ini kemungkinan besar berdampak pada penjual retail atau toko- toko kecil yang sudah ada. Mereka akan kehilangan sebagian konsumen. Di sisi lain, investasi ini juga menyediakan tempat usaha dan memberikan kesempatan kerja yang lebih luas lagi. Dengan adanya investasi ini, diharapkan mampu meningkatkan produktivitas masyarakat sekitar. Selain itu, usaha grosir ini juga akan memudahkan konsumen atau masyarakat dalam mendapatkan kebutuhan sehari- hari.

Namun, tentunya terdapat social opportunity cost yang ditanggung oleh masyarakat dimana pasti akan terjadi pertambahan polusi suara akibat aktivitas jual beli. Selain itu juga masalah sampah dan kelancaran lalu lintas.

c.       Aspek Ekonomi dan Finansial
Dari hasil analisis investasi yang telah dilakukan, dapat kita lihat bahwa indicator- indicator tersebut menunjukkan bahwa investasi usaha grosir ini merupakan investasi yang menguntungkan. Hasil perhitungan NPV positif dengan payback period yang relative sangat singkat, hanya 6, 2 bulan. Selain itu, dengan mengikutsertakan modal dari investor swasta, maka investasi ini diharapkan dapat berkontribusi dalam peningkatan produktivitas dan pertumbuhan ekonomi.

d.      Aspek Distribusi
Investasi ini memungkinkan terjadinya distribusi yang merata karena dilakukan di seluruh kecamatan di Kabupaten Sragen. Dengan demikian, pembangunan tidak hanya terpusat pada kecamatan- kecamatan kota. Selain itu, proyek ini juga turut mengundang partisipasi dari pihak swasta sehingga alokasi dana Pemerintah Daerah tidak akan terlampau banyak terkuras di proyek ini saja.


2.       
Perbedaan
Investasi Sektor Publik
Investasi Sektor Privat
Definisi
Penanaman modal jangka panjang dalam rangka meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan public.
Pengeluaran yang dilakukan secara occasionally atau pada saat tertentu yang sifatnya jangka panjang.
Ruang Lingkup
Terkait dengan peningkatan kualitas dan kuantitas pelayanan public yang meliputi penyediaan atau penambahan kapasitas fasilitas public.
Terkait dengan usaha pencapaian tujuan organisasi, biasanya profit oriented. Dapat bertujuan untuk ekspansi atau pengadaan barang yang dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi perusahaan.



Comments

  1. kita juga punya nih artikel mengenai 'Analisa Investasi', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2064/1/Artikel_10205041.pdf
    trimakasih
    semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  2. I am very interested in the information contained in this post. The information contained in this post inspired me to generate research ideas.
    Lokasi UMJ

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Teori Akuntansi: Uniformity and Disclosure

Teori Akuntansi: The Income Statement

Akuntansi Sektor Public: Rangkuman Jenis Anggaran